Gunung Pakuwojo

Gunung Pakuwojo

Posted on

Gunung Pakuwojo terletak sebelah Bukit Sikunir sebagai alternatif melihat golden sunrise yang menawan. Destinasi wisata Gunung Pakuwojo mungkin belum sepopuler Sikunir, tapi jangan salah. Gunung Pakuwojo memiliki ketinggian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Bukit Sikunir, tentunya lebih leluasa melihat keindahan golden sunrise dari puncak ini.

Ketinggian Gunung Pakuwojo

Gunung pakuwojo memiliki ketinggian 2.395 mdpl (meter dari permukaan laut)

Jalur pendakian

Jalur pendakian ke Gunung Pakuwojo melalui desa Sembungan, Parikesit, Tieng, dan jalur Gunung Sikendil. Lama pendakian ke gunung ini sekitar 1,5 jam dengan medan Standard (tidak terlalu berat).

Suhu Udara

Suhu udara di Gunung Pakuwojo berkisar Siang hari : 10-15 °C dan Malam hari: 3 – 9 °C.

Pemandangan dari puncak Gunung

Gunung Sindoro, Gunung Prau, Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, Gunung Nganjir, pertanian dan lembah

Lokasi

Gunung Pakuwojo terletak di Desa Tieng dan sebagian Desa Sembungan

Asal usul nama

Pakuwojo berasal dari nama paku baja karena di puncak Gunung Pakuwojo terdapat batu besar berbentuk seperti paku berada tepat di pusat puncak Pakuwojo diantara 2 Telaga Wurung (bekas letusan vulkanik melengkung seperti mangkuk).

Tempat wisata sekitar

Aktivitas menarik

Camping, hiking, climbing dan melihat sunrise

Flora endemik

Flora endimik yang ada di Gunung Pakuwojo sebagai berikut: Bunga api, ilalang, pakis haji, cemara gunung, edelweiss jawa, cantingi ungu, bunga turuwara, kantong semar, buah berry, lumut paku, akasia,

Fauna Endemik

Sedangkan fauna endemik yang ada di Gunung Pakuwojo seperti: Burung kutilang, burung pentet, burung tekukur, burung jalak, burung gecu (sudah punah), burung depyak, burung elang, kijang dan babi hutan (sudah punah)

Ada pertanyaan? Silakan tinggalkan pesan